Kenali Tugas Software Engineer Secara Spesifik

Salah satu bidang pekerjaan yang berkaitan dengan IT adalah software engineer. Profesi ini semakin marak muncul di banyak lowongan pekerjaan, khususnya saat era digital mulai melesat. Tidak hanya berkutat dengan bahasa pemrograman saja, namun tugas software engineer memiliki cakupan yang lebih luas dan berdampak besar bagi perusahaan. Berikut ulasannya:

1. Melakukan Riset dan Analisa Software

Salah satu tugas software engineer yang utama adalah melakukan riset serta analisa terhadap perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhan software yang berbeda, sesuai dengan jenis usaha atau bidang bisnisnya. Sementara itu, perangkat lunak dibuat oleh banyak produsen, dan ditawarkan dengan beragam spesifikasi unggulannya.

Seorang software engineer harus memiliki kemampuan untuk memetakan satu demi satu keunggulan dan kekurangan tiap-tiap software. Hal itu berarti, wajib bagi seorang software engineer untuk terus memperbarui informasi terkait perkembangan software. Hasil riset dan analisa software ini tentu akan berpengaruh kepada keputusan perusahaan dalam memilih dan menggunakan software untuk menunjang bisnisnya.

2. Menyusun Pengembangan Software

Tidak berhenti pada riset dan Analisa, seorang software engineer juga bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak, agar terus dapat memberikan kinerja yang efektif dan efisien. Jadi dengan kata lain, pengembangan ini berada dalam lingkup optimasi software yang digunakan oleh perusahaan tersebut agar mencapai dukungan yang maksimal bagi kinerja bisnis secara keseluruhan.

Satu contoh misalnya pada perusahaan perbankan, pengembangan perangkat diperlukan agar bisnis keuangan yang dikelola dapat segera menjemput dan memenuhi kebutuhan konsumen. Manakala software yang dimiliki perusahaan perbankan tersebut tertinggal sehingga lambat bekerja, praktis hal tersebut akan mempengaruhi dinamika bisnis perusahaan di kelasnya.

Bukan hanya untuk kebutuhan perusahaannya, namun keahlian ini dibutuhkan manakala sebuah perusahaan membutuhkan pengembangan bisnis. Seorang software engineer adalah ahli yang akan dicari oleh banyak klien yang membutuhkan masukan-masukan terkait riset hingga pengembangan software sesuai kebutuhan usahanya.

3. Melakukan Uji Software

Bukan tidak mungkin pada software yang digunakan terdapat kendala di tengah penggunaannya. Tentunya dalam hal ini, menjadi tugas software engineer untuk melakukan uji software baik pada saat sebelum diluncurkan, maupun ketika produknya digunakan oleh klien. Keterampilan uji perangkat lunak ini dilakukan agar software yang digunakan tetap sesuai dengan kebutuhan klien yang dinamis.

Ketika melakukan pengujian, maka akan ditemukan potensi kendala yang akan menjadi masalah di kemudian hari. Maka selanjutnya, software engineer akan melakukan perubahan-perubahan, atau bahkan penggantian, pada software agar tetap berjalan efektif dan efisien.

4. Memberikan Rekomendasi Pengembangan Software

Selain itu, seorang software engineer juga memiliki fungsi sebagai seorang konsultan terkait kebutuhan perangkat lunak. Jadi dalam hal ini, sebuah perusahaan dapat memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh seorang software engineer untuk menentukan software apa yang paling cocok untuk bisnisnya.

Jasa konsultasi untuk merekomendasikan software ini dapat dimanfaatkan oleh klien mulai dari pemilihan, pemasangan, hingga ketika mengalami masalah pada pertengahan penggunaannya. Selain itu, kemungkinan penambahan atau pengembangan software pun menjadi tugas software engineer untuk merekomendasikan kepada klien.

5. Berkolaborasi dalam Programming dan System Analyst

Pada sebuah perusahaan, seorang software engineer akan berkolaborasi dengan pegawai di bidang IT lainnya seperti programmer, system analyst, atau software developer. Kolaborasi ini tentunya terkait dengan analisa dan uji efisiensi penggunaan software di perusahaan tersebut.

Secara umum tugas software engineer akan terlihat sama saja dengan para personel IT pada umumnya. Namun demikian, ada detail-detail yang hanya secara khusus akan dilakukan oleh software engineer, dan tidak dimiliki oleh pekerja IT yang lain.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru