Mengenal 5 Tugas Marketing Executive yang Paling Penting

Salah satu tombak majunya suatu perusahaan adalah marketing yang dimainkan perusahaan itu berjalan dengan baik. Adapun tugas marketing executive itu mampu meningkatkan nilai produk suatu perusahaan. Tanggung jawab yang diberikan sangat besar dan mempengaruhi naik turunnya pendapatan tempat kerjanya. Ada beberapa peranan penting lain yang merupakan tugas dari marketing eksekutif dan tidak bisa disepelekan, antara lain:

1. Buat Strategi Marketing

Hal yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu pemasaran barang dagangan itu dari strategi yang digunakan. Kepandaian dalam mengatur cara untuk mendapatkan pelanggan yang menjanjikan menjadi nilai tambah dalam posisi ini. Tidak dapat sembarang dalam menjualkan benda atau jasa, ada tahapan yang harus dilalui.

Kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan tidak melanggar aturan dari pemerintah. Perencanaan yang matang dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan hal utama yang bisa dipegang. Keuntungan melimpah dapat diperoleh, apabila caranya benar dan pembeli juga merasa puas akan service yang diberikan.

2. Capai Target Penjualan

Adanya target yang ditentukan untuk diraih dalam kurun waktu tertentu membuat persaingan semakin ketat. Hal ini juga menunjukkan kinerja karyawan yang ada pada tingkat yang tinggi atau rendah, sesuai capaiannya. Pada hakikatnya sasaran yang dikasih pada pekerjanya itu sudah melalui observasi terlebih dahulu.

Artinya disesuaikan dengan kenyataan yang ada dan tidak bisa diolah semaunya. Semangat dalam menjalankan tugas serta pantang menyerah mencapai sesuatu yang jadi tujuan itu sangat dibutuhkan. Performa seorang marketing tidak hanya dari sikap dan penampilannya, tapi menyelesaikan targetnya juga dinilai.

3. Melakukan Promosi

Promosi itu faktor pendukung untuk menjualkan suatu barang agar lebih banyak pembelinya. Hal ini terlihat dari dampak diberlakukannya penawaran secara berkala mampu menambah jumlah dagangan yang terjual. Cukup banyak pelanggan yang tidak dapat dijangkau, karena terlalu jauh. Berkat kecanggihan teknologi sekarang, jarak tidak menjadi penghalang.

Semakin sering promosinya, apalagi media penyalurnya lebih dari satu ini mampu meningkatkan penjualan yang ada. Segala hal yang dilakukan dengan senang sebagaimana tugas marketing executive dapat membuahkan hasil yang mengagumkan. Apalagi tidak sulit untuk melakukan penawaran produk yang dimiliki dengan jangkauan luas.

4. Buat Rencana Penawaran

Aktivitas rutin yang dilaksanakan ketika menyusun suatu rencana itu tidak boleh melewati batas kewajaran bahkan melanggar etika yang sudah ada. Menariknya, saat buat rencana yang akan dilakukan pada hari itu bahkan kedepannya tidak dapat asal tanpa memperhatikan sekelilingnya. Keberhasilan penjualan itu dipengaruhi oleh perencanaannya juga.

Pada saat melakukan follow up pastikan tidak secara berturut-turut, agar tidak menyampah terhadap pesan yang dikirimkan. Jangan lakukan pada jam kerja atau waktu tidur malam, karena dapat mengganggu aktivitas dari konsumen.

5. Terima Handle Komplain

Tidak semua aktivitas yang dilakukan berjalan dengan mulus, ada juga yang tidak sesuai harapan. Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya jika ditangani dengan benar dan penuh tanggungjawab. Apabila menghadapi keluhan dari konsumen tidak boleh menyerah atau menyalahkan pihak lain.

Lakukan penyelesaian dengan kepala dingin, sebab dengan pikiran yang jernih semua bisa dihadapi dengan mudah. Hubungi pihak lain jika kesulitan menangani permasalahan di hadapannya. Jangan mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan sisi positif dan negatif. Menerima kritikan kadang sulit, tapi sebenarnya mampu membangun pribadi menjadi lebih baik.

Demikian penjelasan secara ringkas untuk tugas marketing executive yang dapat dijadikan referensi dalam mencari tahu deskripsi pekerjaannya. Kegiatan yang terlihat sederhana, tapi memiliki beban yang cukup tinggi jika tidak dilaksanakan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru