Syarat Syarat Menjadi Pramugari Berikut Harus Diketahui Sebelum Mendaftar

Menjadi seorang pramugari memang salah satu impian bagi sebagian orang khususnya para wanita. Untuk bisa diterima masuk seleksi menjadi pramugari tentunya harus mengikuti persyaratan yang ditentukan. Di bawah akan dijelaskan secara singkat apa saja hal yang menjadi syarat syarat menjadi pramugari sebelum mendaftar. Berikut ulasannya:

1. Minimal Lulus SMA/Sederajat

Lulusan SMA/Sederajat adalah salah satu syarat syarat menjadi pramugari yang wajib dipenuhi bagi setiap calon pendaftar. Bagi seseorang yang hanya tamatan SMP saja akan sangat sulit dapat mendaftarkan diri menjadi pramugari. Oleh karena itu tempuhlah pendidikan minimal SMA atau lebih baik kalau lulusan sarjana.

Selain itu prestasi yang didapat selama mengenyam pendidikan harus mendapatkan nilai bagus. Sebab dengan mendapatkan nilai terbaik menjadi sarana mempermudah dalam lolos seleksi. Ketika nilai lebih unggul dari para puluhan pesaing, maka tidak perlu khawatir karena sudah pasti mendapatkan peluang besar diterima seleksi.

2. Minimal Tinggi 160 cm

Syarat menjadi pramugari selanjutnya yakni harus mempunyai minimal tinggi badan sekitar 160 cm. Memang para wanita Indonesia kebanyakan mempunyai tinggi di bawah minimal, namun hal tersebut bisa diatasi dengan berolahraga. Semisal saja olahraga berenang, berlari maupun mengikuti panduan tutor yang ahli dalam bidang meningkatkan tinggi badan.

Melakukan aktivitas meninggikan badan bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran. Namun alangkah lebih baiknya menggunakan cara alami yakni dengan berolahraga dengan para ahlinya. Sebab selain akan mendapatkan badan tinggi, juga menyehatkan sehingga tubuh akan terlihat lebih sehat.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Bagi seorang calon pramugari diwajibkan untuk mempunyai kondisi kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani bisa dilihat dari berat badan ideal, tidak ada kecacatan, kelumpuhan dan semacamnya. Kalau sehat secara rohani adalah kesehatan pikiran dan kejiwaan yang berarti seseorang tersebut tidak mengalami stress atau gangguan kejiwaan.

Apabila seseorang mengalami ketidaksehatan di jasmani dan rohaninya, maka akan sangat sulit diterima menjadi seorang pramugari. Sebab kecacatan fisik dan mental seseorang akan sangat mempengaruhi kinerja menjadi seorang pramugari. Sebaliknya kesehatan jasmani dan rohani akan memberikan pemaksimalan kinerja dalam bekerja. Oleh karena itu jagalah kesehatan fisik dan pikiran sebelum mendaftar.

4. Terbebas Dari Segala Obat Terlarang

Bagi seorang yang ingin berniat mendaftarkan diri menjadi seorang pramugari diwajibkan untuk menghindari berbagai macam obat terlarang. Penggunaan obat-obatan terlarang akan mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Jika fisik dan mental terganggu, maka akan menyebabkan kinerja seseorang tidak maksimal dan justru malah kacau.

Selain itu, penggunaan obat-obatan terlarang akan terdeteksi karena bagi para peserta diharuskan untuk tes urine. Jika setelah dilakukan pengetesan ternyata terdeteksi menggunakan sebuah obat terlarang, maka sulit untuk diterima. Untuk itu jagalah kesehatan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi.

5. Berpenampilan Menarik

Seseorang yang memutuskan untuk menjadi seorang pramugari diharuskan mempunyai penampilan yang menarik. Sebab penampilan penarik ini akan memberikan ketentraman bagi para penumpang yang akan melaksanakan penerbangan. Jadi mulailah melakukan perawatan diri secara maksimal sebelum melakukan pendaftaran menjadi seorang pramugari.

6. Mempunyai Kemampuan Berbahasa Asing

Ketika ingin cepat lolos seleksi menjadi seorang pramugari, maka hal pertama yang harus diunggulkan adalah kemampuan dalam berbahasa asing. Kemampuan seperti ini akan memudahkan dalam berinteraksi kepada para penumpang yang berasal dari berbagai negara. Jadi latihlah kemampuan berbahasa asing agar lebih diunggulkan saat seleksi.

Demikianlah ulasan tentang syarat syarat menjadi pramugari yang harus diketahui sebelum mendaftar. Jadi alangkah lebih baik penuhi terlebih dahulu semua persyaratan yang ada dan jika sudah cukup, maka segeralah mendaftarkan diri.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru