Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil dengan Peluang Besar

Pada masa dimana pembangunan semakin berkembang layaknya sekarang ini. Tentunya menjadi peluang besar bagi para lulusan teknik sipil. Maka dari itu prospek kerja lulusan teknik sipil pun cukup terbuka lebar. Bahkan hal tersebut juga bisa dilakukan bagi seseorang yang baru lulus dari perguruan tinggi atau fresh graduate.

Sebagian orang mengira bahwa yang namanya alumni teknik sipil sama dengan seorang arsitek. Ternyata kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada titik fokusnya. Tentunya seorang teknik sipil lebih fokus pada cara merancang bangunan yang berkualitas. Sedangkan seorang arsitek lebih fokus pada eksterior dari sebuah bangunan. Berikut beberapa prospek kerja dari seorang teknik sipil:

1. Construction Engineer

Peluang pertama sebagai prospek kerja lulusan teknik sipil ini memiliki tugas untuk mengawasi. Jadi objek yang diawasi adalah rancangan serta penerapan dari proyek pembangunan yang dilakukan. Selain itu, seorang teknik sipil di sini juga bertugas untuk mengelola anggaran keuangan.

Baik untuk keperluan pembangunan seperti membeli berbagai jenis bahan dan peralatan. Ada juga kebutuhan akan sumber daya semacam para tukang dan karyawan. Serta sistem operasi seperti software yang berfungsi untuk melakukan perancangan dan juga pengawasan bangunan.

2. Surveyor

Pilihan prospek kerja bagi insinyur teknik sipil selanjutnya adalah sebagai seorang surveyor. Namun pekerjaan ini menuntut seseorang untuk mampu memberikan informasi yang baik kepada manajer pembangunan maupun insinyur lainnya. Agar pembangunan dapat berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Jadi di sini data yang digunakan adalah data berdasarkan survei dengan bentuk 3D. Pasalnya bentuk atau model data tersebut cenderung memiliki buaya yang lebih terjangkau karena beberapa sebab. Contoh diantara sebab tersebut seperti berkurangnya biaya untuk konstruksi umum. Maksud adanya survei adalah supaya bisa membentuk 3 dimensi meskipun tempat bangunan itu berbeda.

3. Konsultan Konstruksi

Pekerjaan yang satu ini memiliki tugas untuk memberikan saran dan juga masukan. Jadi saran serta masukan tersebut dapat berupa sebuah ide dalam melakukan rancangan sebuah pembangunan. Serta juga bisa berupa teknik yang digunakan dalam pembuatan supaya lebih efisien.

Jadi diantara bangunan yang menggunakan pekerjaan ini seperti bangunan jalan tol, sistem kontrol air. Ada juga pembangunan jembatan, pembuatan saluran pipa, sistem pembuangan dan yang lainnya. Gaji yang ditawarkan juga cukup menarik untuk posisi sebagai konsultan Konstruksi.

4. Analis Kontrol Kualitas

Posisi pekerjaan ini memiliki wewenang untuk melakukan kontrol terhadap berbagai macam bahan baku yang digunakan untuk pembangunan. Selain bahan baku, yang perlu dikontrol selanjutnya adalah alat yang digunakan. Apakah telah sesuai dengan standar dan kualitas yang diinginkan atau belum.

Tujuan dari adanya seorang analis Kontrol adalah supaya pembangunan dilakukan menggunakan bahan dan alat yang semestinya. Alhasil kualitas bangunan juga dapat diperhitungkan terutama dari segi keamanan dan kelayakannya.

5. Pegawai Pemerintah

Pilihan berikutnya sebagai prospek kerja lulusan teknik sipil adalah menjadi seorang pegawai di bawah naungan pemerintah. Tentunya pekerjaannya tidak jauh berbeda dari pekerjaan pegawai pemerintah lainnya yaitu di sebuah kantor.

Ketika menjadi pegawai, seorang insinyur teknik sipil bisa memilih untuk menjadi badan perencana dalam skala daerah maupun nasional. Contoh bidang teknik yang bisa dipilih seperti telkom Indonesia, PLN dan lainnya.

Itulah beberapa pembahasan tentang prospek kerja lulusan teknik sipil dengan peluang besar. Pembahasan di atas bisa menjadi tambahkan wawasan ketika ingin melanjutkan pendidikan di jurusan teknik sipil. Bahkan bisa juga untuk menambah referensi bagi yang baru lulus dan ingin melamar pekerjaan.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru