Prospek Kerja lulusan Psikologi yang Perlu Diketahui

Psikologi merupakan suatu cabang ilmu dimana didalamnya mempelajari mengenai tingkah laku manusia. Belajar di jurusan ini akan menemukan hal-hal menarik mengenai psikologi manusia, karena pada dasarnya manusia itu tidak ada yang sama. Psikologi kini dinilai penting untuk mengetahui kesehatan mental manusia, terutama pada perusahaan dengan beban kerja yang tinggi. Berikut ini merupakan Prospek kerja lulusan psikologi di perusahaan:

1. HRD

Human Resources Development atau biasa disingkat dengan HRD merupakan nama tentu tidak asing lagi terutama bagi para karyawan. HRD ini biasanya yang akan mengatur terkait pengelolaan sumber daya manusia yang terdapat pada satu perusahaan. Salah satu tujuannya adalah membuat suasana kerja yang nyaman dengan hubungan antar pegawai yang sehat.

Banyak tugas yang dilakukan oleh seorang HRD ini, contohnya dalam suatu penerimaan pegawai baru. Mereka yang biasanya akan menyeleksi calon pegawai yang mendaftar, mengirim surat, mewawancarai, memeriksa email pelamar dan lain-lain. Profesi ini juga mengatur mengenai perpindahan divisi, kenaikan pangkat atau jabatan dan juga memberikan pelatihan yang bermanfaat bagi para karyawan.

2. Konsultan Karir

Profesi ini sangat penting untuk karir sebagian orang, karena mereka dapat memberikan bimbingan atau konseling mengenai pekerjaan yang akan dipilih dengan planning untuk masa depan. Biasanya yang meminta bimbingan ialah para lulusan yang baru lulus dari perguruan tinggi yang masih bingung dalam memilih langkah selanjutnya untuk perkembangan karir yang sesuai dengan kemampuannya.

Konsultan karir biasanya akan memberikan beberapa saran dan nasihat yang akan membantu kliennya dalam memilih langkah kedepannya. Saran yang diberikan dengan berbagai pemikiran dan pertimbangan untuk menemukan cara yang tepat dalam menemukan passion untuk memilih tujuan selanjutnya. Selain melakukan konseling, seorang konsultan pun dapat memberikan bimbingan untuk pengembangan karir seseorang.

3. Psikolog

Sebagian orang biasanya akan bingung membedakan antara psikiater dan psikolog. Kedua profesi ini tidaklah sama, karena terdapat beberapa perbedaan antara keduanya yaitu seorang psikiater biasanya cenderung merawat kesehatan mental seseorang dengan disertai resep obat untuk membantu terapi pasien. Sedangkan psikolog lebih menangani bagian kejiwaan dan psikologis dari pasien tanpa bisa meresepkan obat.

Psikolog biasanya menangani kasus-kasus seperti hubungan yang tidak baik antar keluarga, rumah tangga, masalah di tempat kerja dan lain-lain. Nantinya Psikolog yang akan mendiagnosa gejala-gejala yang dialami oleh pasien sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat untuk pasiennya. Tidak hanya menerima konsultasi saja, beberapa psikolog juga banyak memberikan ceramah pada kegiatan seminar atau suatu forum menjadi pembicara.

4. Dosen

Prospek Kerja lulusan Psikologi adalah menjadi seorang dosen. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan sebagai pendidik profesional untuk perguruan tinggi. Kapasitas ilmu yang dimiliki oleh seorang dosen haruslah tinggi karena ia akan bertugas untuk menyebarkan ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya. Dosen juga dapat melakukan berbagai penelitian dan mempublikasikannya berupa karya tulis ilmiah.

5. Perawat Kesehatan Mental

Jika menyenangi suatu tantangan, profesi sebagai perawat kesehatan ini akan terasa menyenangkan. Profesi ini biasanya akan dihadapkan dengan pasien yang mengalami gangguan jiwa. Perawat akan ditempatkan di rumah sakit khusus yang merehabilitasi orang-orang dengan penyakit gangguan mental. Mereka akan membantu konsultasi keluarga dengan tim medis dalam penanganan pasien.

Nah itulah beberapa contoh dari prospek kerja lulusan psikologi yang memang memiliki masa depan cerah kedepannya. Mengingat saat ini banyak gencar disosialisasikan mengenai pentingnya kesehatan mental sehingga banyak yang ingin berkonsultasi mengenai kesehatan mentalnya. Gaji yang ditawarkan pun cukup menjanjikan untuk seorang lulusan psikologi mengingat perannya yang sangat penting.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru