Prospek Kerja Lulusan Manajemen Dengan Jenjang Karir Cemerlang

Jurusan manajemen pada perguruan tinggi di Indonesia, menjadi pilihan yang cukup banyak diminati. Selain karena cakupan ilmunya yang luas, prospek kerja lulusan manajemen pun terbilang banyak dan bergengsi. Seseorang dengan bekal ilmu manajemen, akan terlatih mengelola orang atau barang, sebagai bekal menduduki posisi-posisi strategis di perusahaan, seperti pada divisi berikut:

1. Business Consultant

Banyak perusahaan besar mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa jasa konsultan bisnis independen. Hal ini karena kebutuhan perusahaan akan layanan konsultasi bisnis sangat besar, terutama untuk sustainability perusahaan tersebut. Jadi disinilah prospek kerja lulusan manajemen yang cemerlang.

Lulus dari jurusan manajemen, tentu akan membekali seseorang dengan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan bisnis dari hulu ke hilir. Seorang business consultant adalah seseorang yang harus jeli melihat pasar bisnis sebuah perusahaan, apa hambatan yang dihadapi, serta bagaimana strategi perusahaan dalam mengelola tantangan.

2. Layanan Operasional Perbankan

Setiap perusahaan perbankan tentu memiliki divisi jaringan dan layanan operasional, yang berfungsi menyebarluaskan jaringan kantor untuk mengikat potensi pasar. Lulusan manajemen akan sangat cocok bergabung dengan divisi ini, karena di tempat inilah ujung tombak operasional perusahaan perbankan berada.

Jika suatu jaringan kantor ditempatkan di daerah yang minim potensi, tentu akan menjadi beban biaya secara konsolidasi. Sebaliknya, pada daerah dengan potensi ‘subur’, akan mendatangkan suntikan laba bagi perusahaan secara keseluruhan.

Kemampuan untuk melihat celah bisnis serta mengolah data. Menjadikan lulusan manajemen akan mampu memberikan analisa terbaiknya bagi perluasan jaringan kantor dengan prospek yang diharapkan.

3. Supply Chain

Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi barang, pengelolaan rantai pasokan memegang peran vital pada keberlangsungan produksi secara keseluruhan. Lulusan manajemen pada divisi ini akan bisa berkiprah dengan karir yang cerah, karena adanya bekal ilmu pengelolaan logistik yang sudah dipelajari pada bangku kuliah.

Bekerja di divisi ini, dituntut untuk memiliki kemampuan mengolah dan menganalisa data, sehingga pasokan selalu tersedia tepat waktu, dan terdistribusi dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Bukan sekadar bisa membaca data, melainkan divisi ini juga membutuhkan skill manajemen proses, khususnya dari bahan baku sampai bahan jadi.

4. Risk Management

Mengelola perusahaan bukan berarti tidak akan terlepas dari risiko. Seorang lulusan manajemen, dengan bekal ilmu mengelola tantangan, pasti akan menyukai bidang pekerjaan ini. Divisi manajemen risiko di perusahaan, harus mampu melihat adanya ketidakpastian kondisi bisnis, pasar, dan keuangan.

Jadi segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi, divisi inilah yang akan memberikan rancangan strategi terbaik bagi perusahaan. Seorang risk manager, umumnya menyatu dengan perusahaan. Namun, ada pula risk management yang independen, bekerja sesuai dengan instruksi atau specific order dari perusahaan tertentu.

Rekomendasi-rekomendasi dari seorang konsultan pada manajemen risiko, akan sangat membantu keberlangsungan perusahaan, terutama ketika menghadapi masa sulit bisnisnya.

5. HR Department

Jika lulusan jurusan lain sedang bingung menghadapi wawancara kerja, seorang lulusan manajemen bahkan memiliki prospek untuk bekerja di Human Resources Department. Belajar di jurusan manajemen, akan mempelajari pula manajemen sumber daya manusia yang terkait dengan pengelolaan karyawan.

Itulah sebabnya, lulusan manajemen memiliki peluang untuk menjadi bagian dalam perekrutan pegawai sebuah perusahaan.

Memilih jurusan manajemen tidaklah salah, sepanjang seseorang serius menekuninya. Hal itu karena prospek kerja lulusan manajemen yang sangat luas. Pada dasarnya setiap bisnis atau perusahaan membutuhkan ilmu dan keterampilan menganalisis, mengelola, serta memberikan rekomendasi strategi dan itu dipelajari di jurusan manajemen.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru