Pilihan Prospek Kerja Jurusan Olahraga yang Cukup Menarik

Bagi para orang yang menggemari kegiatan fisik secara aktif dan sedang menjalankan pendidikan di bidang olahraga. Tidak perlu khawatir pasalnya terdapat beberapa prospek kerja jurusan olahraga yang cukup menarik. Mulai dari menjadi seorang atlet sampai dengan seorang pendidik. Tentunya dalam pendidikan yang menjurus pada bidang olahraga tidak hanya diajarkan tentang teori semata. 

Melainkan seorang mahasiswa juga diharuskan untuk mencicipi keadaan lapangan tentang olahraga yang dipelajari. Perlu diketahui juga bahwa orang yang memilih jurusan olahraga tidak sepenuhnya akan terjun dalam lapangan jika bekerja. Pasalnya tersedia juga versi kantoran yang hampir sama dengan yang berasal dari jurusan lain. Berikut informasi peluang kerja bagi orang dari jurusan olahraga:

1. Pendidik

Pada umumnya orang yang mengambil jurusan pendidikan bisa memiliki peluang untuk menjadi seorang pendidik atau guru. Walaupun bukan berasal dari jurusan pendidikan juga masih terbuka peluang untuk bisa menjadi pendidik semacam dosen di perguruan tinggi. 

Hal tersebut bagi yang berminat masuk dalam kategori sekolah bersifat formal. Akan tetapi jika tidak ingin yang bersifat formal masih bisa mencoba non formalnya dengan menjadi seorang guru les. Maka dari itu prospek kerja jurusan olahraga yang satu ini cukup menarik untuk dicoba.

2. Menjadi Atlet

Kebanyakan orang yang saat kuliah mengambil jurusan olahraga memiliki ketahanan tubuh yang lumayan baik. Tidak jauh berbeda dari yang dimiliki oleh para atlet. Hal tersebut dikarenakan jurusan olahraga menuntut beberapa praktek, tidak hanya sekedar materi saja. Untuk itu tidak heran jika lulusan dari jurusan ini bisa melanjutkan potensi yang dimiliki untuk menjadi seorang atlet. 

3. Pegawai Pemerintah 

Pilihan lain sebagai prospek kerja jurusan olahraga berikutnya bisa menjadi seorang pegawai pemerintah di Kemenpora. Sifat kepegawaian tersebut masuk dalam PNS atau bisa juga disebut dengan Pegawai Negeri Sipil. Selain Kemenpora, para lulusan olahraga juga bisa mencoba keberuntungan dengan mengikuti tes CPNS di instansi lain yang masih berhubungan dengan olahraga. 

Misalnya seperti instansi KOI, DISPORA, KONI dan yang lainnya. Agar bisa menjadi pegawai di Kemenpora itu sendiri diperlukan beberapa persyaratan. Salah satunya lulusan S1 jurusan kesehatan, pendidikan jasmani serta lainnya. Tentunya ini bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para lulusan dari bidang olahraga.

4. Instruktur Senam

Pekerjaan sebagai instruktur senam menjadi pilihan pekerjaan yang cukup menarik bagi orang yang berlatar belakang pendidikan olahraga. Selain dalam bidang senam tersedia pilihan lain seperti instruktur yoga maupun aerobik. 

Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kesukaan dan kemampuan yang dimiliki. Peluang akan pekerjaan instruktur cukup terbuka lebar. Pasalnya sekarang ini banyak orang berminat melakukan berbagai aktivitas tersebut. Terutama para wanita dengan beragam usia mulai dari yang masih muda sampai para ibu-ibu.

5. Pelatih 

Selain menjadi seorang atlet sebuah cabang olahraga, seorang yang berasal dari jurusan olahraga juga berpeluang untuk menjadi seorang pelatih. Apabila telah mulai memasuki usia pensiun dengan kekuatan yang tidak sama seperti ketika masih muda. Maka pilihan pekerjaan ini bisa dicoba. Yaitu dengan melatih para atlet yang masih berkompetisi dengan berbekal pengalaman yang telah didapatkan sebelumnya. 

Itulah ulasan mengenai prospek kerja jurusan olahraga yang menarik untuk dicoba. Tentunya kesempatan tersebut cukup terbuka lebar bagi para lulusan yang memenuhi kualifikasi persyaratan. Dengan berbekal ilmu yang telah dipelajari dari bangku kuliah tentunya hal tersebut bisa dijadikan modal utama untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru