Prospek Kerja ilmu Komputer untuk Tahun 2021 Terbaru

Ilmu komputer saat ini banyak ditekuni oleh banyak orang, ilmu komputer sendiri merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari hal-hal seperti sistem komputasi, perangkat keras, dan pengembangan perangkat lunak. Lulusan dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan kedepannya, mengingat pada zaman sekarang ini serba menggunakan teknologi canggih. Lalu apa saja prospek kerja ilmu komputer untuk tahun 2021 ini? Berikut ulasannya:

1. Web Designer

Pertama, dari seorang lulusan ilmu komputer bisa memiliki pekerjaan sebagai web designer. Web designer sendiri merupakan sebuah profesi yang membidangi pekerjaan mengenai pembuatan atau perancangan suatu website. Pembuatan sebuah web itu dibilang tidak mudah, karena tidak hanya memperhatikan dari segi estetikanya saja. Namun juga secara fungsional harus mudah digunakan oleh calon penggunanya.

Seorang web designer perlu mengetahui tentang cara penaruhan tombol navigasi, pembagian halaman web, tata letak, dan lain-lain. Karena sebuah website juga bisa menjadi cerminan dari suatu perusahaan atau institusi. Sehingga kini banyak dicari seorang web designer handal yang dapat mengakomodir segala kebutuhan mengenai pembuatan website.

2. Konsultan IT

Di era modern sekarang, teknologi sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, bahkan sudah mempengaruhi ke berbagai bidang. Untuk mengetahui segala sesuatu mengenai konsep dan penggunaan teknologi informasi yang baik diperlukanlah seorang yang ahli di bidangnya seperti konsultan IT. Konsultan IT sudah banyak ditemui di berbagai perusahaan bahkan dengan gaji yang tidak bisa dibilang kecil.

3. Game Creator

Prospek kerja ilmu komputer selanjutnya berhubungan dengan dunia yang banyak digemari orang-orang, prospek kerja itu ialah sebagai seorang game creator. Game yang booming dan banyak dimainkan banyak orang seperti dota, csgo dan valorant, tentu ada creator atau pembuatnya. Nah, para game creator inilah orang dibalik beberapa game sukses tersebut.

Berbeda dengan dahulu, sekarang banyak anak kecil yang sudah bercita-cita menjadi seorang game creator. Game creator bukan hanya dituntut untuk handal dalam programming atau coding, namun juga harus lebih kreatif dalam membuat sebuah game. Industri game yang berkembang, Perusahaan game berlomba-lomba untuk membuat game yang dapat memikat jutaan pemain game.

4. Mobile Programmer

Saat ini penggunaan smartphone merupakan kebutuhan banyak sekali orang. Oleh karena itu sekarang, banyak aplikasi atau software pada smartphone yang dirancang baik untuk mempermudah pekerjaan maupun hanya sekedar dibuat untuk hiburan. Hal tersebut membuat banyak perusahaan ingin membuat atau mengembangkan aplikasi sebagai ladang bisnis mereka.

Disinilah yang menjadi prospek kerja ilmu komputer yaitu dapat menjadi seorang mobile programmer. Profesi ini dibutuhkan untuk mengakomodir permintaan perusahaan yang ingin membuat aplikasi mobile, baik pada sistem operasi android maupun iOS pada iPhone. Seorang mobile programmer pun harus mengetahui bahasa pemrograman yang digunakan untuk mampu membuat sebuah aplikasi mobile.

5. Analis sistem

Pekerjaan yang dilakukan seorang analis sistem adalah membuat rekomendasi atas hasil analisa yang dilakukan dari suatu sistem perangkat lunak. Analis sistem yang akan bertanggung jawab atas hasil rekomendasi yang dibuat untuk client nya jika terjadi kesalahan atas analisisnya, oleh karena itu besaran gaji yang diterima pekerjaan ini sesuai dengan resiko yang diterima juga.

Itulah sedikit pembahasan mengenai 5 prospek kerja ilmu komputer yang bisa dijadikan tujuan untuk kedepannya. Setidaknya dengan penjelasan diatas bisa menjadi gambaran nanti ketika lulus menjadi seorang lulusan ilmu komputer akan menjadi seperti apa. Semoga lulusan ilmu komputer nantinya bisa melahirkan teknologi yang akan berguna bagi umat manusia.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru