Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual yang Kekinian

Desain Komunikasi Visual (DKV) dikenal sebagai jurusan yang mengharuskan calon mahasiswanya pandai dalam menggambar. Padahal bukan hanya itu, di jurusan ini mahasiswa perlu untuk menguasai dan mengerti bagaimana untuk menghasilkan sebuah karya seni yang memiliki tujuan. Apa lagi di era sekarang, lulusan DKV ini banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang, mau tau apa saja? Silahkan simak prospek kerja desain komunikasi visual:

1. Illustrator

Pekerjaan sebagai ilustrator ini sangat identik dengan kegiatan menggambar. Profesi ini sekarang sedang banyak digandrungi oleh kaum milenial, terutama untuk yang ahli dan senang menggambar yang menjadi kunci utama seorang illustrator. Saat ini banyak perusahaan besar hingga perusahaan kecil yang membutuhkan jasa seorang illustrator.

 Pekerjaan ini akan membuat suatu gambar ilustrasi sesuai dengan apa yang diminta client nya. Oleh karena itu, selain handal dalam menggambar, mereka juga harus pandai dan kreatif dalam memenuhi permintaan client yang banyak maunya. Gambar yang dihasilkan juga tidak boleh asal jadi, namun harus bermanfaat menyampaikan pesan kepada yang ditargetkan sebagai audience nya.

2. Desainer Produk

Prospek kerja Desain Komunikasi Visual selanjutnya adalah sebagai seorang desainer produk. Pekerjaan ini dilakukan oleh para desainer guna memenuhi permintaan desain untuk sebuah produk. Desain yang dilakukan atas berbagai aspek seperti bentuk, bahan sampai kemasan. Dalam suatu inovasi produk juga tidak terlewat dari tugas seorang desainer produk.

Keahlian yang sebaiknya dimiliki pada profesi ini antara lain, pembuatan sketsa, 3D modelling, studi pasar dan sebaiknya handal dalam membaca trend yang akan hadir di masa yang akan datang. Sehingga dapat selangkah lebih maju dalam membuat sebuah inovasi produk. Meskipun desainer produk dituntut kreatif, mereka juga akan sedikit dibatasi dengan permintaan klien atau konsumennya.

3. Animator

Animasi yang banyak beredar saat ini seperti kartun atau anime contohnya. Itu semua merupakan sebuah hasil karya atau ciptaan dari seorang animator. Mereka dapat membuat berbagai macam gambar yang dapat bergerak saat dimainkan. Pekerjaan jenis ini banyak disenangi oleh kaum milenial khususnya karena menarik dapat berkreasi dalam pembuatan animasi.

Selain membuat animasi yang hanya dapat dilihat dan ditonton, seorang animator juga berjasa dibalik pembuatan sebuah video game. Pekerjaan sebagai animator memang mencakup aspek yang luas dalam berbagai industri seperti periklanan, perfilman, TV hingga olahraga. Seorang animator juga harus memiliki ciri khasnya sendiri dalam membuat animasi agar berbeda dengan yang lain.

4. Web Designer

Web designer ternyata tidak hanya melibatkan orang yang paham dunia IT seperti Teknik Informatika maupun Ilmu komputer saja. Melainkan melibatkan orang dari Desain Komunikasi visual juga dalam pembuatan desain suatu web. Hal ini dikarenakan dalam membuat suatu web juga perlu memperhatikan dari segi aspek keindahannya, karena jika tidak indah dilihat orang pun akan malas mengunjunginya.

5. Graphic Designer

Terakhir ini merupakan sebuah profesi yang akhir-akhir ini banyak dibutuhkan oleh banyak pelaku usaha dalam melancarkan produknya. Pekerjaan ini dapat mencakup bidang fotografi, ilustrasi, dan tipografi untuk di tampilkan sebagai bahan promosi di media sosial maupun cetak. Sehingga tak heran banyak pelaku usaha dari kecil hingga perusahaan besar membutuhkan jasa pekerjaan ini.

Itulah 5 Prospek kerja Desain Komunikasi Visual yang memiliki masa depan cerah di era modern ini. Untuk mencapainya tentu diperlukan persiapan dari sekarang juga untuk mencapai pekerjaan yang diinginkan Masih banyak profesi yang bisa dilakukan oleh lulusan dari jurusan ini, dan diharapkan dengan mengenal prospek jurusannya dapat memacu semangat belajar yang tinggi.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru