5 Perbedaan Pemimpin dengan Manajer yang Perlu Diketahui

Tentunya dalam sebuah perusahaan biasanya terdapat seorang manajer yang memiliki posisi diatas bawahannya. Meskipun begitu, tidak serta merta seorang manajer itu bisa disebut sebagai pemimpin. Hal ini dikarenakan seorang manajer tidak selalu merangkap sebagai pemimpin. Itu bisa terjadi karena adanya perbedaan pemimpin dengan manajer, perbedaan apa sajakah itu? Simaklah ulasannya berikut ini:

1. Inovasi yang Berbeda

Perbedaan pertama, terletak pada sisi keberanian dari seorang pemimpin. Sering terlihat jika seorang pemimpin lebih berani dalam melakukan sebuah inovasi, bahkan sampai membuat perubahan besar pada sistem yang telah dibentuk sebelumnya. Hal tersebut dilakukan, karena seorang pemimpin percaya jika melakukan perubahan dapat mewujudkan sebuah kemajuan bagi perusahaannya.

Hal ini berbanding terbalik dengan seorang manajer yang cenderung lebih bermain aman. Manajer biasanya akan mempertahankan apa yang ada seperti biasanya namun disertai beberapa perubahan yang dirasa perlu untuk memperbaiki kekurangan yang ada, tanpa perlu melakukan perubahan secara besar-besaran.

2. Pemikiran Idealis dan Realistis

Selanjutnya mengenai perbedaan pemimpin dengan manajer yang kedua adalah dalam hal pemikiran. Pemikiran dari seorang pemimpin biasanya bersifat idealis, dimana semua yang ia rencanakan harus berjalan dengan baik dan juga sesuai dengan ekspektasinya.

Begitu juga yang seorang pemimpin terapkan pada perusahaan atau project yang dipimpin akan berjalan terus sesuai dengan apa yang direncanakan meskipun terdapat banyak halangan.

Berbanding terbalik dengan seorang manajer yang mengetahui seluk beluk kondisi pada suatu project atau pekerjaan. Manajer biasanya lebih realistis dengan apa yang ada dan lebih menyesuaikan strategi dengan kondisi yang ada. Hingga terkadang tidak dapat memenuhi keinginan dari sang pemimpin.

3. Keberanian

Seorang pemimpin yang berani sering kali mencoba hal-hal baru meskipun dia mengetahui bahwa hal tersebut memiliki risiko akan kegagalan. Namun, pemimpin juga mengetahui bahwa jika dibalik kegagalan ada kesuksesan yang menunggu, sehingga tidak membuat ragu untuk mengambil resiko demi tercapainya suatu tujuan untuk mendapatkan kesuksesan di masa yang akan datang.

Kebalikannya dari sang pemimpin, seorang manajer akan meminimalisir suatu resiko untuk memastikan pekerjaannya akan tetap aman. Manajer menghindari terjadinya kesalahan yang diakibatkan sesuatu yang akan menimbulkan risiko daripada harus menghadapinya.

4. Keunikan Karakter

Perbedaan pemimpin dengan manajer selanjutnya adalah dalam hal keunikan karakter. Pemimpin dikenal memiliki karisma yang tinggi dan memiliki personal branding yang berbeda dengan orang lain. Pemimpin bisa menampilkan bahwa dirinya adalah sosok pemimpin dan bisa menguatkan visi yang ingin diwujudkan.

Selalu menjalankan cara-cara yang berbeda dan tidak diam pada suatu kondisi yang sama dalam waktu yang lama. Berbeda dengan sosok manajer yang biasanya bertugas mengatur dan mengkoordinasikan suatu project atau perusahaan agar selalu berjalan sesuai dengan kebijakan.

Manajer jarang melakukan sesuatu yang belum terbukti akan berhasil diterapkan. Selain itu Manajer juga seringkali mengadopsi suatu gaya kepemimpinan dari orang yang dianggap patut untuk dicontoh.

5. Visi dan Tujuan

Hal yang biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin adalah sebuah gambaran mengenai apa yang akan diwujudkan atau dicapat pada suatu hari. Menginspirasi orang lain dengan visi yang dibawa untuk dijadikan sebagai kenyataan. Berpikir lebih jauh dari yang orang biasa bayangkan, merangkul dan mengajak orang untuk bersama mencapai suatu kesuksesan.

Manajer akan lebih memperhatikan apa yang harus ia kerjakan untuk mencapai sebuah tujuan. Memastikan dan mengatur berbagai urusan hingga mengatur bawahannya agar melakukan pekerjaannya sesuai dengan target agar suatu tujuan dapat dicapai sesuai harapan pemimpin.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa perbedaan pemimpin dengan manajer dapat dilihat dari berbagai aspek. Namun, pada intinya seorang pemimpin lebih berkuasa dan lebih memiliki pengaruh terhadap pengikutnya. Sedangkan manajer lebih handal dalam mengatur dan mengkoordinasikan bawahan untuk tercapainya tujuan dari sang pemimpin.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru