Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja Beserta Tips Membuatnya

Ketika seseorang yang hendak melakukan lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan. Tentunya keberadaan sebuah cv beserta surat lamaran pekerjaan tidak boleh terlewatkan. Akan tetapi tidak sedikit orang yang masih bingung tentang perbedaan cv dan surat lamaran kerja yang akan dibuat. Pasalnya dari kedua hal tersebut sama-sama diperlukan guna melamar pekerjaan.

Tentunya dalam prosesnya, kedua berkas tersebut disertai dengan beberapa berkas pendukung lainnya. Misalnya seperti foto copy ktp, ijazah, sertifikat jika punya serta yang lainnya. Keberadaan surat lamaran kerja beserta cv cukup penting. Pasalnya berkas tersebut dijadikan sebagai bahan pembuka dalam pembicaraan. Berikut informasi lebih lengkapnya:

Pengertian CV dan Surat Lamaran Kerja

Curriculum vitae atau yang sering disebut dengan istilah cv merupakan ringkasan yang dikemas dalam bentuk dokumen. Jadi dalam sebuah cv mengandung beberapa macam informasi tentang data diri seseorang. Apabila cv yang dimaksudkan untuk melamar pekerjaan, maka biasanya berisi mengenai beragam pencapaian yang pernah diraih.

Ada juga pengalaman pekerjaan yang telah dilakukan serta lainnya. Maka dari berkas cv tersebut, seorang pelamar kerja dapat dinilai layak atau tidaknya. Untuk lebih singkatnya cv juga bisa diartikan sebagai gambaran diri seseorang yang dijabarkan dalam bentuk tulisan.

Sedangkan surat lamaran kerja merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak melamar sebuah pekerjaan. Bisa dibilang juga bahwa surat lamaran kerja adalah berkas yang dibuat oleh seorang yang ingin bekerja atau pelamar kepada sebuah instansi atau perorangan sesuai dengan lowongan yang tersedia.

Perbedaan CV dan surat Lamaran Kerja

Sebagian orang masih bingung mengenai perbedaan cv dan surat lamaran kerja yang akan dibuat. Pasalnya kedua berkas tersebut memang memiliki beberapa kesamaan satu sama lainnya. Meskipun sama perbedaan tetap terlihat dari keduanya.

Misalnya seperti cv yang berisi tentang daftar informasi dari seseorang. Yang di dalamnya menggambarkan sebuah informasi mengenai pelatihan yang pernah dijalankan, pendidikan yang pernah ditempuh, pengalaman pekerjaan dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu berbeda dengan surat lamaran kerja.

Lalu surat tersebut menyangkut sebuah komunikasi antara dua belah pihak. Yakni pihak pelamar atau pembuat surat dengan seorang perekrut pekerjaan atau tujuan surat. Sebagaimana komunikasi yang terjalin tersebut berada dalam ranah proses pelamaran kerja.

Tips membuat CV dan Surat Lamaran Kerja yang Baik

Jika masih merasa bingung dengan bagaimana supaya memiliki cv dan juga surat untuk melamar pekerjaan yang baik. Agar lamaran yang diajukan pada target perusahaan dapat berhasil, dan diterima. Tidak perlu khawatir karena untuk membuat hal tersebut ada beberapa tips. Berikut ulasannya:

  • Jangan mengulang informasi.
  • Membuat tulisan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
  • Buat bentuk, ukuran, tata letak huruf yang sederhana namun tetap terlihat menarik.
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan penulisan seperti penggunaan huruf besar dan lainnya.
  • Deskripsi tentang informasi diri sebaiknya ditulis menggunakan bahasa yang singkat, padat, namun tetap informatif.
  • Hindari juga menggunakan bahasa yang memiliki kesan curhat.
  • Jangan lewatkan untuk menyertakan kontak yang bisa dihubungi. Hal ini sangat berguna bagi pelamar untuk memperoleh hasil lamaran, yang akan disampaikan oleh pihak perusahaan.

Itulah informasi mengenai perbedaan cv dan surat lamaran kerja beserta tips membuatnya. Jika dilihat secara umum cv adalah sebuah gambaran tentang riwayat hidup seorang pelamar kerja yang ditujukan untuk memberikan informasi pada perekrut pekerjaan. Sedangkan surat lamaran kerja adalah sebuah komunikasi yang lakukan guna melamar sebuah pekerjaan.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru