Jenis Jenis Tes Psikotes Sebagai Persiapan Menjadi Calon Karyawan

Sebelum masuk ke dalam sebuah perusahaan, seorang calon karyawan tentunya akan dihadapkan dengan berbagai macam tes. Salah satu tes yang cukup banyak membuat calon karyawan gugur adalah psikotes. Untuk itu sebelum ikut tes ketahui terlebih dahulu jenis jenis tes psikotes sebagai persiapannya.

es semacam ini dilakukan terhadap calon karyawan tujuannya tidak lain yaitu untuk mengetahui berbagai kecakapan yang dimiliki oleh calon karyawan tersebut. Mulai dari kecakapan berpikir, kecakapan memecahkan masalah, karakter dan sebagainya. Berikut beberapa jenis tes yang termasuk dalam psikotes:

1. Tes IQ

Tes pertama yang termasuk dalam jenis jenis tes psikotes adalah tes IQ, tes ini memiliki tujuan untuk mengukur kecerdasan dari setiap pesertanya. Isi dari tes ini kebanyakan berupa sesuatu yang mempunyai hubungan dengan angka serta bahasa.

Untuk jenis tes yang satu ini cukup familiar bagi banyak orang. Pasalnya tes ini tidak hanya untuk orang yang sedang melamar pekerjaan dalam perusahaan semata. Akan tetapi dunia pendidikan seperti sekolah juga menggunakannya.

2. Tes Wartegg

Jenis tes Wartegg sendiri adalah tes yang memakai sistem analisis dalam pengerjaannya. Isinya kebanyakan berupa sejumlah gambar yang mengharuskan para peserta tes mampu memilih yang benar. Jadi gambar-gambar tersebut telah dirancang sedemikian rupa untuk mengukur tingkat kemampuan peserta.

Kemampuan tersebut adalah kemampuan dalam bidang pengambilan keputusan hingga bisa memperlihatkan bentuk karakter seorang peserta. Salah satu soalnya ada gambar yang telah disusun secara proyektif yang menuntut peserta tes bisa menyusun gambar yang terbuat dari garis yang ada.

3. Pauli Test

Untuk tes yang satu ini kebanyakan digunakan pada sebuah perusahaan, dimana soal yang diberikan memiliki bentuk yang masih ada hubungannya dengan angka. Melalui susunan membujur yang diawali dengan penjumlahan, pengurangan maupun yang lainnya.

Trik menjawab tes yang satu ini adalah dengan mengetahui pola susunan yang digunakan terlebih dahulu. Orang yang melakukan tes ini akan dinilai seberapa besar ketelitiannya, konsentrasinya, ketahanannya dan lain-lain.

4. Tes Penalaran Logika

Pilihan jenis jenis tes psikotes selanjutnya memiliki nama tes penalaran logika. Nama tes ini juga sering disebut dengan tes aritmatika. Setiap peserta tes akan diuji mengenai kemampuannya dalam menyelesaikan sebuah masalah melalui tes ini.

Biasanya soal yang disajikan dalam tes ini berupa susunan gambar berpola dan juga angka. Setiap peserta tes harus mampu melanjutkan pola yang telah disediakan. Jika dilihat sekilas, tes ini memang cukup mudah dilakukan. Akan tetapi jika para peserta tidak teliti bisa-bisa justru terjebak dengan jawaban yang hampir sama.

5. Psikotes Spasial

Bentuk psikotes ini masih ada kaitannya dengan yang namanya penalaran, dimana para peserta akan disajikan soal berupa bentuk dari berbagai macam ruang. Jadi mengharuskan para pesertanya mampu dan paham akan ruang yang dimaksud beserta detail-detailnya.

Tujuan dari tes ini tidak lain yaitu untuk mengukur seberapa tinggi imajinasi yang dimiliki oleh peserta tes atau calon karyawan. Pasalnya tes ini memang sering digunakan untuk menguji calon karyawan yang ingin bekerja dalam sebuah perusahaan. Psikotes Spasial diperlukan agar pihak perusahaan tidak salah ketika menjatuhkan pilihannya pada seorang karyawan.

Demikian ulasan mengenai informasi jenis jenis tes psikotes sebagai persiapan menjadi calon karyawan. Semua itu dikarenakan terdapat banyak psikotes yang sering digunakan untuk menguji para pesertanya. Selain itu setiap psikotes memiliki pola dan juga tujuannya masing-masing. Ada yang tujuannya untuk mengukur kemampuan imajinasi, memecahkan masalah, ketelitian dan yang lainnya.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru