Jawaban Motivasi Melamar Kerja Yang Berkesan Profesional

Menghadapi wawancara kerja memang membutuhkan trik agar memesona HRD. Salah satunya ketika memberikan jawaban motivasi melamar kerja. Banyak pelamar kerja, khususnya para fresh graduate, yang memberikan jawaban terlalu umum dan terkesan tidak serius seperti mencari pengalaman atau mengisi waktu luang. Sebaiknya, ganti jawaban tersebut dengan yang lebih profesional seperti ini:

1. Sesuai dengan Pendidikan

Hal pertama yang sangat relevan untuk dijadikan jawaban motivasi melamar kerja adalah, posisi yang dilamar sesuai dengan pendidikan yang ditempuh. Tentunya di tengah maraknya perusahaan yang menerima lulusan semua jurusan, memilih pekerjaan sesuai jurusan akan memberikan kesan sangat profesional.

Bila perusahaan menerima pelamar dengan latar belakang jurusan tertentu, berarti perusahaan tersebut memang fokus pada bidang tersebut. Selain itu, perusahaan tidak mau membuang waktu dengan memberikan pelatihan sejak level dasar, dan mengharapkan pelamar-pelamar yang memang siap kerja.

2. Lingkungan yang Mendukung

Selain faktor pendidikan, ada jawaban lain yang terkadang tak terpikirkan yaitu faktor lingkungan. Jawaban seperti ini terbukti berhasil meyakinkan HRD ketika wawancara terkait motivasi melamar kerja. Lingkungan dalam hal ini adalah adanya keluarga inti dan juga kerabat, yang memiliki bidang pekerjaan yang serupa dengan pekerjaan yang sedang dilamar.

Misalnya seorang pelamar berasal dari keluarga wiraswasta, ketika memberikan jawaban motivasi melamar kerja, faktor lingkungan wiraswasta adalah pendukung yang baik dalam hal manajemen waktu, orang, pasokan, dan juga keuangan. Hal tersebut akan memberikan nilai tambah, yaitu pelamar akan terkesan memiliki pengalaman meskipun lulusan baru.

3. Pemahaman Jenjang Karir yang Baik

Sebelum melamar kerja, ada baiknya seorang pelamar mencari tahu detail perusahaan yang dilamar. Beberapa perusahaan yang bonafit umumnya sudah mengunggah banyak informasi pada web bisnisnya. Termasuk dalam hal ini terkait jenjang karir.

Menginginkan bekerja di sebuah perusahaan tersebut, bisa juga dengan alasan bahwa perusahaan tersebut bonafit dengan pengalaman bisnis yang matang, sehingga memiliki perhatian khusus kepada karyawannya terkait peningkatan karir. Jadi dengan memaparkan gambaran informasi perusahaan, maka pelamar akan dinilai sebagai calon pegawai yang sudah siap dengan atmosfer perusahaan tersebut.

4. Menantang Diri

Kesalahan umum dalam jawaban wawancara adalah bekerja untuk mencari pengalaman baru. Meskipun jawaban tersebut tidak selamanya salah, akan tetapi terkesan tidak serius dan menempatkan perusahaan yang dilamar hanya sebagai ajang uji coba atau sekadar batu loncatan. Pelamar kerja bisa mengganti jawaban tersebut dengan ingin menantang diri, atau mencoba tantangan baru di perusahaan ini.

Secara psikologis, pegawai yang menyukai tantangan dan cepat menyesuaikan diri akan lebih disukai oleh perusahaan. Kondisi ini bisa dimanfaatkan dengan memberikan jawaban serupa ketika wawancara kerja. Sampaikan kepada tim pewawancara bahwa tantangan adalah energi tersendiri yang dapat dikelola untuk melatih manajemen diri. Melamar di perusahaan tersebut adalah ajang menantang diri dengan setiap iklim kerja yang dinamis.

5. Semakin Meningkatkan Pengalaman Kerja

Pelamar kerja belum tentu juga selalu berasal dari kalangan fresh graduate. Beberapa bahkan sudah ada yang berpengalaman kerja sebelumnya, atau memiliki pengalaman magang. Meningkatkan pengalaman kerja dapat menjadi jawaban yang baik bagi pelamar yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Untuk lebih meyakinkan HRD bahwa pelamar tersebut sudah berpengalaman. Selain itu, jawaban tersebut memposisikan perusahaan sebagai tempat yang baik untuk peningkatan kualitas pekerja.

Ketika memberikan jawaban motivasi melamar kerja, pastikan seorang pelamar sudah benar-benar memikirkan jawaban yang sesuai dengan kondisi masing-masing pelamar. Jawaban diplomatis bukan berarti menjauhkan diri dari kejujuran. Karena gesture seseorang ketika menutupi sesuatu pasti akan terbaca, dan tentunya hal tersebut akan menyulitkan diri sendiri di kemudian hari.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru