Perhatikan 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja

Persiapan yang matang saat akan menghadapi wawancara sangat diperlukan agar lolos pada tahap berikutnya. Tentunya memahami hal yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja sangat penting agar semua berjalan dengan lancar. Tidak hanya mental, tapi materi juga dipikirkan, karena dapat berpengaruh dalam penilaian. Berikut ini penjelasannya perihal penting saat akan diwawancarai, diantaranya:

1. Persiapkan Dokumen Penting yang Menunjukkan Kemampuan

Bagian ini sangat penting untuk hal yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja terlaksana agar identitas dan kemampuannya tidak diragukan. Biasanya berkas-berkas itu berupa daftar riwayat hidup, CV serta portfolio yang harus diserahkan pada tim rekrutmen. Kelengkapan berkasnya menjadi salah satu faktor penentu juga.

Sebaiknya dokumen itu dibuat semenarik mungkin, segala hal yang mengesankan dicantumkan di situ. Tidak hanya itu, desain yang unik dengan detail isinya serta penggunaan bahasa yang mudah dipahami menjadi nilai tambah. Tulisan yang kelihatannya sederhana, tapi berbobot itu lebih penting daripada yang panjang sulit dimengerti.

2. Gali Informasi Mengenai Tempat yang Dituju

Kegiatan yang sering dilupakan, padahal sangat diperlukan agar mampu menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan. Melakukan observasi secara mendalam tentang tempat yang akan dilamar itu jadi keharusan, supaya memiliki pengetahuan tentang yang didatangi. Pengamatan itu dilakukan menggunakan berbagai hal.

Jangan lupa mencari tahu tentang bidang yang diambil, mulai dari kerjanya, penempatan serta tanggungjawab yang dipegang dalam posisi tersebut. Pastikan semua ilmu yang didapat untuk bekal wawancaranya sesuai dengan kenyataan, sehingga tidak memberikan jawaban salah. Tidak akan ada usaha yang menghianati hasil selama tujuannya baik.

3. Berpenampilan Rapi

Pada saat berangkat menuju lokasi, usahakan pakaian yang digunakan tidak lusuh serta masih layak pakai. Bajunya rapi dan sopan sebagaimana ketentuan yang dibuat oleh pihak terkait. Tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan juga. Semuanya tertata rapi, sehingga enak untuk dipandang dan gunakan sepatu yang sesuai.

Hindari segala jenis pakaian yang tidak formal, apalagi terlalu terbuka akan memberikan kesan yang tidak baik. Percaya diri saat memakai sesuatu bisa jadi nilai tambah, hingga membuat seseorang mampu memposisikan dirinya dengan baik. Hal ini disebabkan HRD bisa melihat karakter seseorang berdasarkan penampilannya.

4. Datang Sebelum Waktu yang Ditentukan

Disiplin termasuk kunci utama keberhasilan seseorang. Penanaman sikap seperti ini membutuhkan waktu dan niat agar dapat berjalan terus. Kebiasaan telat dalam menghadiri suatu acara akan memperburuk keadaan, sehingga tidak dapat berjalan sesuai harapan.

Mendatangi suatu kegiatan sebelum waktu pelaksanaan sangat diharapkan, supaya tidak tertinggal dan kehilangan kesempatan yang berharga. Persiapan seseorang akan lebih matang serta mampu menenangkan pikiran sejenak sebelum memasuki ruangan. Banyak dampak positif yang bisa diambil jika datangnya lebih awal.

5. Memberikan Kesan yang Positif

Ketika masuk ruangan untuk wawancara itu usahakan senyum dan pandangan lurus melihat arah HRD dengan gesture tubuh yang menyakinkan. Tidak boleh membuat pergerakan yang aneh, sebagaimana jalan sambil menari bahkan menikmati rokok beserta hal lain yang mengganggu pandangan mata.

Aura yang positif itu bisa ditunjukkan ketika orang yang akan diwawancarai mampu melakukan kontak mata tanpa bersikap seenaknya. Jangan lupa memberikan salam dan duduk ketika dipersilahkan. Hal-hal kecil itu sangat berarti untuk HRD dalam melihat sifat seseorang, apalagi sebelum tanya jawab dimulai.

Demikian ringkas pembahasan hal yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja dapat menjadi referensi untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan. Percakapan dua arah terkadang membuat pelaksananya menjadi gugup hingga tak bisa fokus, jadi butuh latihan sebelum melakukannya.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru