Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar

Bagi mahasiswa yang baru saja lulus tentunya ingin cepat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya agar orang tua menjadi bangga. Namun sebelum melamar pekerjaan diharuskan untuk membuat resume lamaran kerja. Untuk itu pada kesempatan ini akan diberikan mengenai contoh resume lamaran kerja fresh graduate dengan baik dan benar.

Contoh Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Perlu diketahui bahwa resume lamaran kerja ialah sebuah ringkasan yang di dalamnya memuat profil seseorang. Semisalnya saja tentang pendidikan, pengalaman di bidang tertentu dan sebagainya. Tentu saja semakin banyak prestasi ditulis, maka akan besar peluang diterima kerja. Tentunya daripada penasaran simak ulasan contoh resume lamaran kerja fresh graduate berikut:

Tips Membuat Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Setelah membahas tentang contohnya, maka selanjutnya adalah tentang tips membuatnya dengan baik. Untuk lebih jelasnya, maka langsung saja menyimak ulasan-ulasan berikut ini dengan seksama:

1. Tulis Tentang Kepribadian

Salah satu terbukanya peluang diterima kerja adalah dengan menuliskan tentang kepribadian di dalam resume lamaran kerja. Kepribadian disini bukan hanya masalah hobi maupun aktivitas sehari-hari saja, melainkan pernah ikut diorganisasi apa saja. Jika semakin banyak organisasi yang diikuti, maka juga akan membuka peluang diterima semakin terbuka lebar.

Sebisa mungkin menulis tentang hobi maupun keikutsertaan organisasi haruslah dengan sangat rapi. Kerapian tersebut bisa dengan membuat daftar angka maupun model lis lainnya. Kemudian gunakanlah kata-kata bahasa yang mudah untuk dipahami. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai menulis terkait kepribadian yang tidak pernah dilakukan.

2. Tulis Tentang Keterampilan

Menjalani sebuah kehidupan menjadi seorang mahasiswa tentunya harus mempunyai bakat maupun keterampilan sesuai dengan bidang maupun lainnya. Melalui keterampilan ini dapat menjadikan terbukanya peluang diterima kerja disebuah perusahaan. Sebab perusahaan akan memandang bahwa calon pelamar pekerjaan mempunyai potensi besar.

Potensi di dalam diri seseorang yang tumbuh dari hasil semangat kreatif ini memang memberikan dampak baik bagi pelakunya. Tentunya saat sudah kerja akan membuat inovasi baru yang lebih baik ketika diadakan kumpulan terkait peningkatan mutu perusahaan. Oleh karena itu, buatlah karya menarik dan jadikan penunjang saat melamar pekerjaan.

3. Perhatikan Penulisan Resume

Bagi seseorang yang ingin menulis resume terkait dengan lamaran pekerjaan, maka harus menulisnya dengan rapi dan mudah dibaca. Untuk itu gunakanlah kertas berwarna putih yang polos dengan tinta hitam agar tulisan menjadi jelas. Jangan sampai kertas yang digunakan mempunyai warna lain yang agak gelap sehingga malah akan memudarkan tulisan.

Hindari pula menulis resume tersebut dengan tulisan tangan karena bisa jadi malah kurang rapi dan susah dipahami. Gunakanlah mesin ketik atau komputer dengan menggunakan font yang sesuai dengan standar penulisan. Kemudian lampirkan foto dengan baground yang sesuai persyaratan perusahaan masing-masing.

4. Tulis Dengan Ringkas dan Optimis

Langkah selanjutnya agar resume terlihat baik adalah dengan membuat tulisan secara jelas, ringkas dan optimis. Sebab para perusahaan tidak punya waktu banyak untuk membaca tulisan resume lamaran kerja yang bertele-tele. Jadi cukup tulis sesuai dengan contoh-contoh yang telah disebutkan diatas agar hasilnya baik dan mudah dipahami.

Buatlah semenarik mungkin agar perusahaan memberikan kesempatan besar diterima. Sebab hal pertama yang dilihat perusahaan adalah melalui resume lamaran kerja tersebut. Jika tampilannya bagus dan memuat isi yang sesuai dengan keinginan perusahaan, maka pelamar akan cepat diterima. Oleh karena itu buatlah semenarik mungkin agar cepat diterima kerja.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh resume lamaran kerja fresh graduate sekaligus tips membuatnya. Namun jika kurang percaya diri dengan tulisan sendiri, maka bisa meminta bantuan jasa pembuatan resume profesional.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru