Contoh Hard Skill dan Soft Skill dalam CV Wajib diketahui Pelamar Kerja

Mempunyai pekerjaan adalah impian bagi setiap orang karena dengan bekerja akan mendapatkan penghasilan sehingga bisa menghidupi dirinya dan keluarga. Namun beberapa perusahaan mencantumkan beberapa persyaratan pengiriman CV bagi para calon pelamarnya, baik itu yang kepribadian tergolong hard ataupun soft. Berikut ada contoh hard skill dan soft skill dalam CV yang harus dicantumkan sebelum mengirim surat lamaran kerja:

Contoh Hard Skill dalam CV

Terdapat beberapa contoh dari hardskill yang harus dicantumkan di dalam CV agar menjadi pertimbangan cepat diterima pekerjaan. Apa saja hard skill tersebut? Mari saja simak daftar ulasan berikut ini:

1. Mampu Berbahasa Asing

Beberapa contoh hard skill dan soft skill dalam CV memang sangat wajib dicantumkan karena sebagai sarana diterima di dalam perusahaan. Terkait dengan contoh hard skill adalah kemampuan dalam berbahasa Asing. Kemampuan seperti ini memang diunggulkan oleh perusahaan guna meningkatkan kinerja perusahaan saat bekerja sama dengan negara asing.

2. Pengetahuan Umum

Seseorang yang akan melamar pekerjaan di perusahaan manapun haruslah mempunyai pengetahuan umum terkait bidang yang akan dijalankan. Hal ini menjadi sangat penting karena dengan mengetahui pengetahuan umum secara baik akan menjadikan lebih mudah memahami perkara lebih umum. Oleh karena itu pelajari setiap pengetahuan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan.

3. Matematika

Kemampuan menguasai pelajaran matematika memang harus dicantumkan saat ingin mengirim surat lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan. Kenapa demikian? Karena banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja yang paham hitung-menghitung baik secara manual maupun menggunakan mesin. Dengan begitu perkembangan perusahaan baik pemasukan maupun pengeluaran bisa dikontrol dengan baik.

4. Penulisan

Mempunyai karya tulisan baik berupa buku maupun catatan di website memang sangat penting guna memudahkan dalam diterima kerja. Sebab dengan mempunyai karya tulis menandakan seseorang itu mempunyai pemikiran yang luas dan cekatan. Oleh karena itu buatlah website pribadi semisal blogger dan isilah berbagai konten bermanfaat.

5. Analisis Data

Bagi seseorang yang akan melamar kerja tentunya harus mempunyai kemampuan hard skill dalam menganalisis sebuah data. Melakukan analisis ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih singkat maksud dari data-data yang disampaikan. Jadi, ketika kemampuan analisis data ini dicantumkan, maka peluang diterima akan lebih besar dan menjadi prioritas.

Contoh Dari Soft Skill Dalam CV

Terdapat beberapa kategori dari soft skill yang harus dicantumkan di dalam CV. Pencantuman ini diharapkan menjadi pertimbangan perusahaan agar menerima menjadi pekerja. Lantas apa saja kategori soft skill tersebut? Mari saja simak daftar ulasan berikut ini:

1. Mampu Bekerjasama Dengan Baik

Seseorang dengan kemampuan kerja sama dengan baik akan lebih cepat diterima kerja di sebuah perusahaan. Alasannya karena di dalam perusahaan tersebut memang konsep kerjanya adalah bersama satu tim. Jika di dalam tim tersebut berjalan kompak, maka hasil dari pekerjaan akan lebih maksimal sehingga kualitas perusahaan menjadi baik.

2. Persuasif

Menjadi seseorang yang mempunyai kemampuan persuasif atau bisa dipercaya adalah harapan bagi setiap perusahaan yang mencari calon pekerja. Seorang calon pekerja yang akan melamar pekerjaan diharapkan mencantumkan kemampuan ini agar memperluas peluang diterima. Oleh sebab itu sadarlah diri dan jadilah seseorang yang dapat dipercaya dimanapun keberadaannya.

3. Antusiasme

Seorang pekerja diharapkan mempunyai sikap antusias dalam menyelesaikan setiap tugas pekerjaan yang diberikan. Dampak positif antusias dalam bekerja akan menjadikan kualitas kerja menjadi lebih baik dan maksimal. Dengan demikian selain produk unggulan yang dihasilkan juga perusahaan menjadi terkenal baik di mata masyarakat luas baik lokal maupun mancanegara.

4. Kesadaran Diri

Mempunyai sikap sadar diri adalah kewajiban bagi seorang pekerja yang ingin bekerja di sebuah perusahaan. Kesadaran diri ini bisa dicontohkan seperti berperilaku disiplin, sopan, taat pada atasan dan semacamnya. Jika sikap seperti ini selalu ditanamkan di dalam diri, maka perusahaan manapun akan menerima dengan baik.

5. Dedikasi atau Loyalitas

Sikap loyalitas atau setia merupakan kewajiban yang harus ditanamkan di dalam diri seseorang. Kesetiaan pada perusahaan tentu akan menjadikan perkembangan baik serta hasil kerja maksimal. Sebaliknya jika tidak ada kesetiaan, maka tidak akan lama perusahaan akan mengalami kebangkrutan karena ketidakjujuran para pekerjanya.

Demikian adalah ulasan bagaimana contoh hard skill dan soft skill dalam CV yang harus dicantumkan sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan. Namun perlu diingat bahwa bukan hanya mencantumkan sebagai tulisan saja, melainkan harus benar-benar ditanamkan di dalam diri.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru