Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas, Ikuti Tips Berikut!

Tentunya cara merekrut karyawan yang berkualitas itu susah-susah gampang. Mengapa?  Sebab pimpinan harus benar-benar pemilih untuk bisa memperoleh karyawan yang bertalenta dan juga sesuai kriteria yang dibutuhkan. Ada beberapa rangkaian tahap seleksi yang harus dilakukan employer untuk bisa menggaet karyawan berkualitas.

Dalam menyeleksi karyawan yang mendaftar, waktu yang efektif tidak bisa diprediksi. Semua kembali lagi kepada yang menyeleksi karyawan tersebut. Mampukah orang tersebut melihat nilai plus dari calon pelamar ini atau tidak. Nah, untuk lebih jelasnya, mari melihat cara merekrut karyawan yang berkualitas berikut ini:

1. Menetapkan Konsep Untuk di Iklankan

Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep seperti apa yang akan digunakan untuk iklan. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena dengan cara ini, penyeleksi bisa meminimalisir calon pelamar yang tidak sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Singkatnya, tidak buang-buang waktu untuk melakukan seleksi.

Hal yang dilakukan terkait menentukan konsep untuk dipromosikan ini adalah dengan menentukan kualifikasi dan juga posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Tentunya dengan begini, calon pelamar bisa menempatkan diri apakah akan ikut seleksi tersebut atau tidak. Jika tips ini dilangkahi, biasanya pelamar yang coba-coba melamar akan membludak.

2. Publikasikan Iklan Pada Media yang Tepat

Tak kalah penting juga yang harus diperhatikan dalam tahapan cara merekrut karyawan yang berkualitas adalah dengan mempromosikan di media yang tepat. Percuma konsep iklan sudah bagus, tapi tidak terpublikasi dengan baik bukan? Pastikan untuk memilih media massa terbaik untuk mempromosikan lowongan kerja yang diinginkan.

Gunakan platform internet yang banyak diakses oleh para pencari kerja dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Ini akan memudahkan pencari kerja yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan lebih mudah untuk mengaksesnya. Terlebih sekarang memasang iklan juga sudah sangat mudah bukan?

3. Rangkai Pertanyaan yang Akan Diajukan Sebelumnya

Cara merekrut karyawan yang berkualitas selanjutnya adalah dengan menyiapkan serangkaian pertanyaan yang akan ditanyakan pada saat proses perekrutan. Saat ini proses perekrutan lebih banyak dilakukan melalui jaringan telepon. Ini terbilang cukup efektif dan memudahkan pelamar dan juga pihak perusahaan yang membuka lowongan.

Para calon pelamar bisa dideteksi kecakapannya melalui serangkaian pertanyaan yang diajukan melalui telepon. Penyeleksi tentunya sudah menetapkan poin-poin apa saja yang menjadi nilai tambah bagi calon karyawan yang menjawab pertanyaan yang diajukan. Jdi, bagi para pisahk pencari karyawan, jangan lewatkan cara ini juga ya.

4. Lakukan Pengetesan Calon Pelamar Melalui Berbagai Alat Tes

Menggunakan alat tes dalam proses seleksi memang cukup membantu. Alat tes yang digunakan tentunya harus yang sudah terbukti berhasil dalam menyeleksi calon kandidat dengan kualitas terbaik daripada para kandidat yang lainnya. Dalam tes ini juga penyeleksi harus tau karakter dari calon pelamar.

Karakter sangat penting untuk menentukan kinerja-kerja perusahaan nantinya. Pastikan untuk mengetahui kepribadian calon karyawan. Bagaimana cara calon karyawan itu menyelesaikan masalah dan juga mengambil keputusan. Serta tanyakan pula berbagai pertanyaan yang dirasa penting untuk diketahui oleh perusahaan.

5. Periksa Latar Belakang Kandidat

Setelah melakukan penyeleksian melalui telepon dan ada yang dirasa cocok, maka saatnya untuk melakukan wawancara langsung. Undang pelamar tersebut untuk melakukan sesi tanya jawab. Momen ini juga sangat tepat untuk mengetahui lebih jauh kepribadian dan pembawaan dari calon karyawan yang sudah melulusi penyeleksian sebelumnya.

Jangan lupakan pula untuk menanyakan latar belakang dari calon pelamar tersebut. Bagaimana pengalaman kerjanya, prestasi-prestasinya dan riwayat hidup lainnya. Tentu saja penyeleksi harus memilih seseorang dengan latar belakang terbaik dan berkualitas agar kinerjanya juga bisa diandalkan nantinya.

Cukup sekian ulasan kali ini mengenai cara merekrut karyawan yang berkualitas yang dapat dijadikan referensi. Gampang-gampang susah bukan? Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru