Cara Menjawab Interview Kelebihan dan Kekurangan Diri yang Aman

Interview untuk sebuah pekerjaan itu biasanya akan dilalui oleh para pelamar kerja. Pada proses ini biasanya sang pelamar kerja akan diajukan beberapa pertanyaan oleh recruiter. Salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan yakni mengenai kelebihan dan kekurangan dari diri masing-masing pekerja. Ingin tahu cara menjawabnya? Simaklah ulasan berikut mengenai Cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan diri:

1. Jawab dengan Jujur

Sejak kecil, manusia diajarkan untuk selalu jujur pada perkataannya, hal ini tentu berlaku juga untuk diterapkan ketika sedang dalam tahapan interview. Kejujuran merupakan hal yang penting, karena recruiter bisa menilai baik buruknya seseorang dari kejujuran. Sebaliknya, jika jawaban yang diberikan terkesan melebih-lebihkan akan memberi kesan yang kurang meyakinkan.

Bayangkan saja ketika diterima dengan hasil melebih-lebihkan pada saat interview, contohnya saja pada pekerjaan. Pekerja yang berbicara mengenai kelebihannya namun tidak jujur, ketika disuruh melakukan sesuatu yang telah diucapkan dan dia tidak bisa melakukannya tentu dia akan di cap telah berbohong dan bisa saja terancam untuk dikeluarkan.

2. Sebutkan Kelebihan yang Berdampak Baik

Meskipun harus jujur dalam menjawab pertanyaan, namun bukan berarti semuanya harus dikeluarkan ketika menjawab. Ada baiknya jawablah pertanyaan mengenai kelebihan dari diri sendiri yang bisa berguna untuk perusahaan dan juga tim yang akan ditempati nantinya. Jawaban mengenai kelebihan yang diberikan sedikit pengalaman akan terlihat meyakinkan.

Bicaralah mengenai kekuatan yang dimiliki ketika menjalankan atau mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan dunia profesional. Misalnya, dapat berpikir jernih dibawah tekanan, pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif, dan jangan lupa untuk memasukan pengalaman dalam pembicaraannya.

3. Sebutkan Kekurangan yang Dapat Diperbaki

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan yang mau tak mau harus membeberkan kekurangan pribadi, sebaiknya jangan terlalu singkat dan juga jangan bertele-tele. Saat menjelaskan kekurangan pun penting untuk menyertakan solusi atas kelemahan tersebut. Contohnya ketika memiliki kekurangan dalam sesuatu, yakinkanlah recruiter agar diberi kesempatan untuk belajar untuk memperbaikinya.

Agar jawaban mengenai kekurangan tidak terkesan sedikit, sebaiknya jangan tergantung pada satu kelemahan saja. Selain itu, jangan membicarakan hal-hal yang tidak menjelaskan apapun mengenai apa yang ditanyakan recruiter. Sebaiknya, jelaskan sesuatu dengan detail dan berfokus pada pembahasan.

4. Tetap Jaga Gestur Tubuh

Keempat dalam cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan adalah tetap menjaga gestur tubuh. Biasanya ketika sudah mulai memasuki sesi pertanyaan mengenai kelebihan dan kelemahan diri dapat meningkatkan rasa gugup. Segugup apapun yang dirasakan nantinya jangan sampai terlalu ditunjukkan di depan rekruter atau HRD, tunjukkanlah sedikit ketenangan tetap konsentrasi disertai gestur yang baik.

Untuk menjawab dengan lancar dan tanpa merasa tertekan, ada baiknya berlatih terlebih dahulu didepan cermin dengan berbicara pada diri sendiri. Bisa juga minta teman atau kerabat untuk berlaku seperti HRD untuk membantu melatih ketenangan. Selain itu juga ada pentingnya untuk mengetahui kultur dan kebiasaan dalam lingkungan perusahaan tersebut.

5. Kuatkan Jawaban dengan Cerita

Setelah menjelaskan mengenai jawaban atas pertanyaan dan kelemahan diri, langkah selanjutnya adalah menerangkan atau menceritakan pengalaman ril yang pernah dialami. Hal mengenai pengalaman dapat menunjukan kekuatan yang dapat meyakinkan rekruter untuk meluluskan calon pekerja, karena memang apa yang dibicarakan sebelumnya telah memiliki bukti.

Cukup sekian pembahasan mengenai cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan diri yang aman. Setelah mempelajari tulisan ini semoga calon pekerja dapat mengembangkan kembali kemampuannya bukan hanya dalam menghadapi interview, namun juga meningkatkan kualitasnya sebagai seorang pekerja yang terbaik dan layak bekerja.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru