Cara Membuat CV Fresh Graduate Yang Kreatif dan Informatif

Melamar pekerjaan tanpa memiliki pengalaman kerja sebelumnya, bukanlah sebuah masalah besar. Rasa minder terkadang menghampiri para fresh graduate ketika Menyusun CV, hanya karena tidak memiliki pengalaman. Padahal, cara membuat CV fresh graduate yang kreatif, berisi, dan komprehensif, tetap akan menjadi daya tarik tersendiri bagi tim HRD. Berikut caranya:

1. Hindari Mengumbar Janji

Sebenarnya karena tingkat percaya diri yang terlalu tinggi, akhirnya pelamar kerja mencantumkan kalimat yang terkesan berlebihan. Padahal, cara membuat cv fresh graduate bisa saja dikemas dengan bahasa yang sederhana, namun tetap memberikan kesan optimis. Tim HRD tentu akan mempertimbangkan aspek lain pada fresh graduate ketimbang pengalaman kerja yang tentunya belum ada.

Alih-alih menuliskan ‘mampu bekerja keras dan sangat bertanggung jawab’, seorang fresh graduate akan lebih bijak dengan mengatakan ‘menyelesaikan studi dengan hasil memuaskan’. Meskipun sederhana, kalimat tersebut mengandung nilai kejujuran dan tetap terdengar positif. Penilaian tentang tanggung jawab akan terlihat dari hasil kerja, yang salah satunya melalui tugas akhir kuliah yang memuaskan.

2. Berikan Data Pendidikan Lengkap

Hal sederhana namun sering sekali terlupakan ketika menyusun cv adalah data diri yang lengkap. Data diri dalam hal ini termasuk pula jenjang pendidikan, yang umumnya tidak mencantumkan jurusan atau IPK. Kebanyakan, penulisan CV semacam ini dilakukan oleh lulusan perguruan tinggi ternama, yang sudah merasa percaya diri dengan nama besar universitasnya.

Menuliskan pendidikan sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui skill apa yang dimiliki oleh calon pegawai. Berikan informasi jurusan, IPK, tahun masuk dan lulus, juga beberapa mata kuliah yang dipelajari, yang sekiranya relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini lagi-lagi akan memberikan penilaian awal oleh tim HRD kepada pelamar fresh graduate.

3. Cantumkan Pencapaian atau Pengalaman Organisasi

Kolom lain yang bisa ditambahkan untuk CV fresh graduate adalah pencapaian dan pengalaman organisasi. Semasa kuliah, mahasiswa sering menyibukkan dirinya ke dalam berbagai kegiatan. Hal ini bisa menjadi nilai tambah yang boleh dicantumkan di CV ketika melamar pekerjaan.

Pengalaman organisasi dan juga pencapaian prestasi non akademik, akan memberikan kesan pertama yang positif. Pelamar akan dinilai sebagai calon pegawai yang aktif, dan memiliki ketahanan mental yang baik dalam menyelesaikan masalah, serta cepat beradaptasi dengan lingkungan. Hal-hal tersebut tentu akan berguna dalam dinamika dunia kerja.

4. Uraikan Keterampilan yang Dimiliki

Selain mencantumkan hal-hal yang bersifat formal, CV fresh graduate juga bisa ditambahkan dengan kolom keterampilan yang dikuasai. Cantumkan keterampilan yang bersifat soft skill dan hard skill, jika perlu lampirkan sertifikat-sertifikat pendukung keterampilan tersebut. Penjelasan keterampilan semacam ini pasti akan memberi nilai tambah pada pelamar kerja.

Uraian keterampilan ini bisa dimulai dari yang dipelajari secara informal seperti penguasaan bahasa asing, program komputer, atau mekanikal. Sementara soft skill adalah tambahan uraian dari pengalaman organisasi, seperti problem solving, character building, dan semacamnya.

5. Buat Dengan Kreatif

Generasi milenial biasanya senang dengan hal-hal yang kreatif. CV bagi fresh graduate pun bisa juga dibuat dengan kreatif, sehingga tidak sekadar memperlihatkan susunan kalimat saja. Selain kreatif, fresh graduate juga bisa membuat CV melalui web lamaran kerja atau aplikasi terpercaya, yang akan langsung terkirim ke perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Membuat CV, selain membutuhkan data juga memerlukan kreatifitas tersendiri. Demikian halnya pada cara membuat CV fresh graduate, yang masih minim informasi khususnya tentang pengalaman kerja. Namun demikian, CV untuk fresh graduate bukan berarti tidak akan dilirik hanya karena tidak ada pengalaman kerja. Kreativitas dan konten yang berisi akan membuat CV tersebut tak kalah menarik.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru