Cara Melatih Public Speaking Supaya Lebih Mahir dan Percaya Diri

Public speaking merupakan sebuah tindakan berbicara dihadapan banyak orang dengan tujuan menyampaikan sesuatu. Meskipun terkesan mudah, akan tetapi tidak semua orang mampu melakukannya. Untuk itu terdapat beragam cara melatih public speaking supaya lebih mahir. Tentunya untuk melakukannya dibutuhkan sebuah keberanian tampil dan menjadi pusat perhatian. 

Public speaking sendiri cukup banyak dibutuhkan dalam berbagai macam lini. Misalnya dalam kini kerja, mulai dari kelas yang masih pegawai biasa sampai dengan pegawai sekelas manajer. Ternyata kemampuan berbicara di depan umum ini dapat dilatih dengan menggunakan beberapa cara. Bagi yang penasaran, berikut ulasannya:

1. Menjauhkan Pikiran  Negatif 

Cara pertama yang bisa dilakukan supaya lebih mahir dalam berbicara di depan umum adalah dengan membuang berbagai macam pikiran negatif yang bersarang. Pasalnya banyak orang yang belum terbiasa tampil di hadapan orang banyak sering merasa takut jika berbuat kesalahan. 

Selain itu juga terlalu berpikiran tentang respon dari pendengar dan berbagai macam pikiran negatif lainnya. Justru hal tersebut harus dibuang jauh-jauh supaya dapat tampil dengan percaya diri. Hal ini karena pikiran negatif hanya memicu seseorang terlihat gugup dan hal negatif lainnya.

2. Banyak Menjalin Komunikasi

Melakukan komunikasi atau interaksi yang baik, dimana dapat dijadikan sebagai cara melatih public speaking berikutnya. Pasalnya melalui cara yang satu ini dapat membuat suasana yang ada menjadi lebih nyaman. 

Jadi komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjalin tidak berlangsung secara berlebihan. Selain itu komunikasi yang ada juga bisa menarik perhatian dari penonton itu sendiri. Cara melakukannya cukup mudah seperti memberikan pertanyaan atau sekedar memberi gurauan.

3. Berlatih Berbicara Secara Perlahan

Orang yang merasa gugup ketika berbicara dihadapan banyak orang akan cenderung berbicara dengan cara cepat. Akan tetapi hal tersebut memiliki kekurangan seperti poin penting yang terlewatkan. Bahasa yang sulit untuk dipahami dan terkesan kurang jelas ketika didengar serta yang lainnya. 

Untuk meminimalisir hal tersebut caranya adalah dengan menyampaikan pokok informasi dengan cara perlahan. Perhatikan juga masalah intonasi dan juga artikulasi ketika berbicara. Jika rasa gugup mulai datang, pembicara bisa berhenti sejenak kemudian ambil napas dengan dalam lalu keluarkan. Baru setelah itu pembicaraan dapat dilanjutkan kembali.

4. Lebih Fokus Pada Tujuan

Tindakan yang bisa dilakukan untuk cara melatih public speaking selanjutnya adalah lebih fokus terhadap tujuan yaitu memberi informasi. Pasalnya setiap orang mempunyai pendapatnya sendiri-sendiri sehingga tidak harus setuju dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. 

Tentunya ada orang yang suka dan ada orang yang kurang suka dengan pembawaan yang dilakukan oleh pembicara. Jadi dengan itu pembicara bisa mengabaikan orang yang kurang sependapat dan lebih fokus pada orang yang sependapat. Tindakan ini dapat membuat pembicara lebih tenang dan percaya diri.

5. Memperbanyak Latihan

Memperbanyak latihan dapat membuat seseorang semakin mahir dari sebelumnya. Setidaknya melalui cara ini seseorang dapat mengevaluasi pembicaraan yang dilakukan dengan lebih sering. 

Cara yang dipilih oleh setiap orang cukup berbeda-beda. Mulai dari berbicara sendiri di hadapan cermin. Bisa juga dengan melakukan pidato kemudian direkam menggunakan video. Serta masih banyak cara lainnya yang bisa dicoba.

Demikian ulasan mengenai cara melatih public speaking agar lebih mahir dan percaya diri. Pada umumnya bagi sebagian orang berbicara di depan umum adalah hal yang biasa. Akan tetapi bagi orang yang belum terbiasa hal ini bisa menjadi momok yang cukup menakutkan. Alhasil cara di atas bisa dijadikan referensi jika belum terbiasa melakukan public speaking.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru