Cara Melamar Kerja di Starbucks untuk Para Pelamar Kerja

Starbucks merupakan sebuah perusahaan dunia yang berasal dari Amerika serikat, yang bergerak di bidang kedai kopi. Perusahaan ini memiliki ribuan cabang kedai yang tersebar di seluruh dunia. Berkat popularitasnya tersebut banyak juga yang tertarik untuk melamar bekerja di salah satu kedai starbucks. Lalu bagaimana cara melamar kerja di starbucks? Berikut adalah penjelasannya:

1. Mencari Informasi

Saat melamar suatu pekerjaan, mencari informasi adalah salah satu yang utama, sama halnya saat melamar di Starbucks. Informasi yang perlu didapatkan bisa dalam berbagai hal seperti cara mendaftar, apa saja persyaratan yang dibutuhkan, dan jumlah lowongan yang dibutuhkan. Informasi mengenai perusahaan yang akan dituju juga diperlukan, jika suatu saat diterima untuk interview dan diminta menjelaskan apa yang diketahui mengenai Starbucks tersebut.

2. Memenuhi Persyaratan

Untuk bekerja di starbucks tentunya harus memenuhi kriteria yang mereka inginkan sama ketika akan melamar pekerjaan di tempat lain. Untuk di Starbucks sendiri persyaratan untuk melamar terbagi kedalam dua kategori berdasarkan posisi yang akan dilamar nantinya. Misalnya persyaratan untuk melamar pekerjaan sebagai full time barista di starbucks akan berbeda dengan persyaratan sebagai part time barista.

Contoh untuk syarat menjadi pekerja full time di starbucks diantaranya, alumni yang baru lulus atau bisa dibilang fresh graduate dari universitas. Terutama untuk alumni jurusan pariwisata dan perhotelan, bisa juga dari jurusan lainnya. Kedua mempunyai pengalaman kerja di bidang kuliner minuman atau makanan. Terakhir bersedia untuk bekerja dengan sistem shift, bahkan akhir pekan dan hari libur.

3. Mendaftarkan Diri

Selanjutnya, cara untuk melamar kerja di starbucks jika dirasa sudah memenuhi persyaratan adalah dengan mendaftar. Pelamar bisa mendaftar langsung ke laman resmi starbucks di https://career-sbuxindonesia.com/ dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada disana. Setelah mengisi data dengan lengkap tinggal submit form tersebut. Setelah selesai pendaftar bisa menunggu untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

4. Mempersiapkan Segala yang Diperlukan

Jika formulir yang dikirimkan kepada pihak starbucks diterima dan diundang untuk mengikuti interview. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan segalanya, mulai dari mental, pikiran, dan juga mengantisipasi apa saja yang sekiranya akan ditanyakan oleh HRD dalam interview nantinya.

Perbanyak informasi juga mengenai starbucks, dan cabang kedai yang dituju dalam formulir pendaftaran sebelumnya. Agar ketika ditanya tidak kebingungan saat ditanya soal sejauh mana wawasan yang dimiliki mengenai starbucks. Untuk persiapan berkas, bawalah apa yang diminta oleh panitia, seperti CV, surat lamaran, Fotocopy KTP, dan Ijazah sesuai pendidikan terakhir.

5. Mengikuti Interview

Setelah mendaftar, peserta biasanya akan di informasikan untuk mengikuti interview secara langsung. Interview ditentukan oleh pihak starbucks mengenai waktu dan lokasinya, tak jarang starbucks juga mengadakan walk-in interview dimana terdapat interview yang dibuka secara serentak bagi yang akan melamar di starbucks pada waktu dan tanggal tertentu setiap tahunnya.

Untuk mengikuti interviewnya disarankan untuk memerisapkannya dengan matang, seperti membawa berkas-berkas yang dibutuhkan atau diminta oleh pihak starbucks. Kemudian datang ke tempat interview dengan tepat waktu, bahkan kalau bisa datang sebelum waktu yang ditentukan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal sebelum interview.

Demikian lah cara melamar kerja di Starbucks, sebuah perusahaan kedai kopi ternama di dunia. Agar diterima di sana pastikan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dan memiliki keunggulan dibandingkan dengan pelamar lain. Tidak lupa juga untuk selalu berdoa agar dipermudah segala urusan dalam melamar pekerjaan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi calon pelamar starbucks.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru