Cara Melamar Kerja di Luar Negeri Agar Cepat Diterima

Setiap orang apabila mendapatkan pekerjaan di luar negeri tentu akan merasa bangga karena gaji dan fasilitas menjanjikan. Namun sebelum itu harus mengetahui terlebih dahulu cara melamar kerja di luar negeri agar bisa cepat diterima. Untuk itu disini akan dibahas bagaimana cara melamarnya. Jadi, silahkan simak ulasan berikut ini yang dapat dijadikan referensi:

1. Observasi Negara Tujuan

Salah satu langkah sebagai cara melamar kerja di luar negeri adalah dengan melakukan observasi terlebih dahulu pada negara tujuan. Tentunya dengan melakukan observasi tentu akan lebih mudah mengetahui bagaimana kebudayaan di negara tujuan tersebut. Hal ini akan memudahkan ketika sudah yakin memutuskan untuk mengambil melamar pekerjaan di negara tujuan.

Selain itu melakukan observasi juga akan membantu untuk memahami bagaimana sistem keamanan pada suatu negara. Sebab ada beberapa negara yang pada saat ini mengalami konflik saudara maupun dengan negara lain sehingga berpotensi membahayakan diri. Untuk itu sangat disarankan untuk cermat dalam memilih negara yang akan dituju sebagai sarana tempat bekerja.

2. Buat Jaringan Kontak

Mencari pekerjaan di luar negeri dengan gaji dan fasilitas terbaik memang agak sulit dilakukan. Namun hal itu akan menjadi mudah apabila mulai memberanikan diri mencari link jaringan sebanyak-banyaknya. Mendapatkan kenalan orang-orang yang paham akan pekerjaan luar negeri tentunya memberikan manfaat tersendiri yakni mudah mendapatkan informasi tentang pekerjaan.

3. Cari Tahu Persyaratan Pekerjaan

Langkah selanjutnya agar bisa melamar pekerjaan adalah dengan mencari dengan detail apa saja persyaratan yang dibutuhkan di negara tujuan. Mencari informasi seperti itu sangatlah mudah sekali dilakukan yakni dengan mengakses website terpercaya. Namun alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dengan seseorang yang berpengalaman atau ahli dalam pekerjaan luar luar negeri.

Mencari dengan detail apa saja persyaratan yang dibutuhkan sangatlah penting sekali dilakukan. Sebab ketika ada salah satu persyaratan yang kurang atau salah, maka akan mempersempit kesempatan diterima kerja. Bahkan kesempatan akan hilang begitu saja karena ada kekurangan dalam tahapan persyaratan awal.

4. Siapkan CV

Membuat CV atau Curriculum Vitae merupakan langkah penting yang harus dilakukan guna mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Tentu saja isi dari CV tersebut menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tulis saja segala prestasi yang telah diraih agar para penyedia pekerjaan akan mempertimbangkan untuk diterima kerja.

Namun menuliskan prestasi di CV memang benar-benar kenyataan yang ada bukan hanya dibuat-buat. Sebab nantinya akan dilakukan tes seperti apa kemampuan yang dimiliki seperti tercantung pada CV. Untuk itu, mulai sekarang tingkatkan prestasi agar cepat diterima kerja di negara yang dituju. Tingkatkan pula kemampuan berbahasa asing sesuai negara yang dituju.

5. Mempersiapkan Diri Untuk Wawancara

Setelah segala persyaratan diterima dan ternyata lolos seleksi tes tulis tahap pertama, maka langkah selanjutnya akan dilakukan wawancara. Biasanya pihak di negara tersebut akan melakukan wawancara menggunakan jaringan telepon atau Skype. Tentu yang harus disiapkan adalah jaringan kuat dan stabil agar proses wawancara berjalan lancar.

Kemudian harus mempersiapkan kosa kata berbahasa Inggris dengan baik dan benar guna memperlancar wawancara. Gunakanlah pakaian yang sopan kalau proses wawancara melalui video call. Jawablah setiap pertanyaan dengan yakin dan tanpa bertele-tele agar para panitia penyelenggara kerja luar negeri bisa memberikan ruang lebar diterima kerja.

Demikian tadi adalah ulasan singkat bagaimana cara melamar kerja di luar negeri agar cepat diterima. Perlu diingat bahwa sebelum memutuskan bekerja diluar negeri alangkah lebih baik meningkatkan kemampuan diri agar saat sudah diterima sudah siap.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru